Tuesday 29 January 2019

Tips Memilih Nama Domain yang Baik untuk Website


Domain adalah nama alamat dari sebuah website. Sebuah website dapat dijangkau bila diketahui alamat dari lokasi server dimana website tersebut disimpan (dihosting). Alamat server yang dimaksud adalah IP address atau Internet Protocol address, iaitu urutan angka unik sebagai identitas sebuah komputer/server di dalam sebuah jaringan, contohnya seperti 123.456.789.123. Akan tetapi akan cukup sulit untuk mengingat susunan angka seperti ini bila kita ingin mengunjungi sebuah website. Di sinilah peranan domain, yakni untuk mewakili alamat IP tadi dengan nama yang lebih mudah dibaca dan diingat.






Seperti halnya tujuan utama sebuah domain, yakni memudahkan orang untuk mudah mengakses dan mudah mengingat namanya, maka begitu pula halnya bila kita hendak membuat website dan memilih nama domain. Sekalipun nama domain itu sendiri ada untuk memudahkan akses, memilih nama domain yang tidak bagus malah akan membuat tujuan utama dari domain itu sendiri hilang.

Contohnya, bila Kamu memiliki website tentang jual-beli properti dan Kamu menggunakan nama domain "jualbelipropertipertipalingmurahseindonesia.com", apakah nama domain tersebut sudah cukup optimal? Contoh lainnya, bila Kamu membuat website media sosial dan Kamu memberinya nama domain "medsosasliindonesia.com", apakah orang akan tertarik untuk berkunjung dan menggunakan websitemu?

No comments:

Post a Comment